Home        Profil        Sumber Dana        Donasi        Berita        Artikel        Tabloid GELORA        Gallery        Hubungi Kami    
    Home
    Profil
    Sejarah
    Visi & Misi
    Struktur
    Pengurus
    Serba-Serbi
    Syarat Pedonor Darah
    Jumlah Donor Darah Sukarela
    Daftar Alamat Kab./Kota
    Alamat UTD
    Seputar UTD
    Seputar Relawan
    Peta Rawan Bencana
    Hubungi Kami
Visitor:

657466




BERITA

501 PENDONOR DARAH SUKARELA MENERIMA PENGHARGAAN DARI GUBERNUR JAWA TIMUR

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda





Dalam rangka Peringatan HUT PMI ke 72 tahun 2017, PMI Jawa Timur mengadakan Penyerahan Piagam Penghargaan dan Satya Lancana kepada Pendonor Darah Sukarela 75 kali bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Jawa Timur, yang diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum pada tanggal 3 Oktober 2017.
Pemberian penghargaan tersebut secara simbolis diberikan kepada 20 orang pendonor. Dari 501 pendonor se Jawa Timur, 195 pendonor diantaranya berasal dari Kota Surabaya.

Disamping itu juga akan diberikan Piagam Penghargaan dan Satya Lencana pada tahun 2017 kepada Pendonor Darah Sukarela 50 kali sebanyak 1.279 orang (diberikan oleh Bupati/Walikota), pendonor Darah Sukarela 100 kali yang akan menerima Penganugerahan Satya Lancana Kebaktian Sosial dari Bapak Presiden Republik Indonesia Tahun 2017 diusulkan sebanyak 344 orang, yang dijadwalkan pada bulan Desember 2017 di Jakarta.

Untuk jumlah produksi darah di Jawa Timur pada tahun 2017 sebanyak 1.085.345 kantong darah atau 2,79% dari total penduduk Provinsi Jawa Timur. Jumlah ini memenuhi target nasional yang dicanangkan oleh Ketua Umum PMI Pusat Bapak. H. Jusuf Kalla yaitu sebesar 2% dari total jumlah penduduk dari tiap - tiap Provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut dapat dipenuhi karena strategi jemput bola, serta melakukan kerjasama dengan berbagai Lembaga/Instansi, baik pemerintah maupun swasta serta Perguruan Tinggi untuk menjaring para pedonor darah pemula. Sedangkan pemakaian darah tahun 2016 adalah 695.118 kantong dan kelebihan 390.227. Sedangkan dibulan Agustus 2017 sebanyak 805.840 kantong, dengan jumlah pemakaian sebanyak 522.692 kantong, sisa 283.148 kantong.

Gubernur Jawa Timur Dr.H.Soekarwo. S.H, M.Hum, menyampaikan "Lebih dari sekedar kebahagiaan dan kebanggaan, atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Jatim, serta atas nama kemanusiaan, saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar - besarnya terhadap keteladanan sikap kesukarelaan dan bantuan yang sangat mulia ini. Dapat ditiru dan diikuti oleh anggota masyarakat yang lain, terutama generasi muda.

Dengan terbitnya PERMENKES no. 83 tahun 2014 tentang UTD (Unit Transfusi Darah, BDRS (Bank Darah Rumah Sakit) dan jejaring pelayanan transfusi darah, saya minta UTD PMI seluruh Jawa Timur wajib melakukan peningkatan SDM dan peralatan, serta menciptakan terobosan - terobosan baru untuk dapat meningkatkan kelestarian dan penambahan jumlah pendonor darah sukarela dimasa yang akan datang sekaligus peningkatan kuantitas dan kualitas darah transfusi dapat terjamin sepanjang masa".
Ketua PMI Jatim H. Imam Utomo. S menambahkan, "Sejak tujuh tahun terakhir Jatim selalu mengirimkan pendonor darah sukarela 100 kali terbanyak dibandingkan Provinsi -provinsi lain di Indonesia. Dan UTD PMI Kota Surabaya sudah mendapatkan ISO 9001-2015 dan sertifikasi GMP (Good Manufacturing Practice) dari BPOM Pusat, Surabaya juga menjadi UTD terbaik di Indonesia, serta menjadi rujukan study banding bagi UTD - UTD PMI Provinsi lain termasuk UTD PMI DKI Jakarta.

Kendala yang dihadapi saat ini oleh PMI meliputi tingginya harga peralatan untuk pengolahan komponen darah, sehingga keterbatasan peralatan UTD untuk pengolahan darah, khususnya pemisahan komponen darah/trombosit sangat terbatas. Sedangkan upaya - upaya yang dilakukan oleh PMI antara lain meningkatkan minat masyarakat menjadi pendonor darah sukarela sehingga donasi darah menjadi bagian dari gaya hidup dan membangun sistem manajemen data donor darah ( Simdondar) berbasis internet untuk memudahkan pelayanan darah kepada masyarakat. Ke depan program ini dapat diakses secara nasional dengan tujuan meningkatkan kualitas stok darah yang tersedia sesuai standar.

Dan dalam menghadapi erupsi Gunung Agung di Bali yang terjadi saat ini, PMI Jatim siap memobilisasi sukarelawan guna mengantisipasi bila terjadi erupsi dengan menyiapkan bantuan masker dan pelayanan kesehatan. Hasil koordinasi saat ini PMI yang sudah siap untuk mobilisasi sukarelawan adalah Kota Surabaya, Kab. Malang, Kota Malang, Bojonegoro, Jember dan Banyuwangi dengan jumlah kurang lebih 200 sukarelawan".





SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda







 Berita Lainnya :







PALANG MERAH INDONESIA PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Karang Menjangan 22 Surabaya
Telp. (031) 5055173, 5055174, 5055175, 5055176 Fax. (031) 5055174
e-Mail: jawa_timur@pmi.or.id     Web: www.pmijawatimur.com


Copyright © 2009-2017 PMI Provinsi Jawa Timur. All right reserved.