Home        Profil        Sumber Dana        Donasi        Berita        Artikel        Tabloid GELORA        Gallery        Hubungi Kami    
    Home
    Profil
    Sejarah
    Visi & Misi
    Struktur
    Pengurus
    Serba-Serbi
    Syarat Pedonor Darah
    Jumlah Donor Darah Sukarela
    Daftar Alamat Kab./Kota
    Alamat UTD
    Seputar UTD
    Seputar Relawan
    Peta Rawan Bencana
    Hubungi Kami
Visitor:

666198




BERITA

Dua Bencana Alam Melanda Kota Seribu Goa

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda





Dimusim penghujan saat ini dengan intensitas tinggi menyebabkan tanah longsor dan banjir menerjang di wilayah Pacitan Jawa Timur. Terutama daerah Desa Purwosari Kecamatan Kebonagung, Jati Malang dan Arjosari Kecamatan Arjosari, Sirnoboyo, Sukoharjo, Kayen Kecamatan Pacitan dilanda bencana banjir. Sedangkan bencana tanah longsor di Desa Klasem Kecamatan Kebonagung.

Bencana yang terjadi bersamaan ini melanda Kota seribu goa pada tanggal 28 November 2017 pukul 01.00 WIB. Setelah mendapatkan informasi Tim PMI langsung menuju dua lokasi bencana. Dua bencana alam ini merupakan langganan di daerah tersebut.

Bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Klesem Kecamatan Kebonagung mengakibatkan tiga meninggal dunia dan tiga hilang, selain korban meninggal dan hilang juga mengakibatkan sarana dan prasarana seperti rusak berat berjumlah dua unit. "Sulitnya akses menuju lokasi dan tingginya intensitas hujan menjadi kendala utama. Apabila dipaksakan melakukan tindakan, dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan para sukarelawan, karena disekitar longsor merupakan tanah yang bergerak. Adapun data korban tertimbun antara lain Parno (73), Kasih (70), dan Rozak (17), ketiganya warga Dusun Duren RT 03 RW 06 Desa Klesem Kecamatan Kebonagung, sedangkan tiga korban lainnya berasal dari Dusun Blimbing RT 02 RW 07 Desa Klesem Kecamatan Kebonagung yaitu Temu (57), Siti Kamilah (22) dan Fitri (3)," ujar Eko Staf PMI Pacitan.

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas tinggi terjadi sejak Senin (27/11) kemarin hingga selasa mengguyur wilayah Pacitan hingga mengakibatkan banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar 30-50 sentimeter. Dengan ketinggian air tersebut mengakibatkan rumah warga, sarana dan prasarana rusak serta mengakibatkan adanya korban meninggal dunia.

Dampak banjir yang melanda kota seribu goa tersebut mengakibatkan dua orang meninggal dunia hanyut terbawa arus dan yang luka ringan berjumlah 15 orang di Desa Sirnoboyo, Sukoharjo dan Kayen Kecamatan Pacitan. Selain memakan korban juga berdampak pada sarana dan prasarana seperti rumah tinggal sebanyak 13 unit terendam air, empat rumah rusak berat, dan sembilan rusak ringan. Dampak di 13 rumah tinggal terendam air, empat rumah rusak berat, sembilan rumah rusak ringan berada di lokasi banjir Desa Purwosari Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan.
"Dua lokasi tersebut merupakan langganan bencana setiap ada hujan. PMI Pacitan bersama BPBD Jatim, BPBD Pacitan, Polisi, TNI, Tagana dan masyarakat mengadakan dapur umum, evakuasi korban serta ambulan. Sedangkan PMI Provinsi Jawa Timur mengirimkan bantuan materi maupun tikar, selimut, sandal jepit dan sprei untuk korban bencana", tambah Jarno Pengurus PMI Pacitan.



SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda







 Berita Lainnya :







PALANG MERAH INDONESIA PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Karang Menjangan 22 Surabaya
Telp. (031) 5055173, 5055174, 5055175, 5055176 Fax. (031) 5055174
e-Mail: jawa_timur@pmi.or.id     Web: www.pmijawatimur.com


Copyright © 2009-2017 PMI Provinsi Jawa Timur. All right reserved.