Dr. H. Rasiyo, M.Si: Rutin Bekerja Agar Selalu Sehat

SURABAYA (PMIJawaTimur.com) - Harus tetap bekerja meskipun sudah masuk usia pensiun. Hal itu menjadi prinsip dari Dr H Rasiyo, M.Si, mantan Sekda Pemprov Jawa Timur yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dewan Kehormatan PMI Jawa Timur.

Menurutnya, dengan bekerja akan membuat semangat dan fikiran selalu sehat dan terjaga.

"Pengalaman di sekitar saya, ada teman yang setelah pensiun dari pegawai. Di mana sebelumnya saat masih dinas dirinya dituntut selalu bekerja keras. Namun, ketika pensiun tiba-tiba berhenti total dalam melakukan kegiatan. Kemudian muncul berbagai penyangkit. Bahkan ada yang kemudian meninggal dunia," ujarnya.

Karena itulah, mumpung dia masih diberi kepercayaan, semuanya dijalankan dengan penuh keiklasan. Kebetulan, Rasiyo sendiri memiliki Yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, yakni Sekolah Kreatif Annur.

Di lokasi sekolah yang ada di kawasan Jalan Semolowaru Raya no 96-98 atau Semorowaru Selatan III/7-9 Surabaya ini, terdapat PAUD mulai kelompok bermain hingga TK, juga SD dan SMP.

0"Background saya khan di pendidikan. Karena itulah, saya sehari-hari berada di sini (Sekolah Kreatif Annur)," ujar Kepala Yayasan Annur ini.

Selain di PMI Jawa Timur, Rasiyo pun juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Demokrat Jawa Timur. Dia membesarkan partai bersama Ketua Umum DPD Demokrat Jawa Timur Emil Listianto Dardak yang juga Wagub Jatim.

Rasiyo menguraikan bahwa sejak menjabat ASN, dia pun mengawalinya sebagai seorang guru di SMP 12 di pada tahun 1970 hingga 1975. Kemudian dipindah sebagai Kasek di SMP Paciran, Berondong, Lamongan. Setelah tiga tahun, pindah menjadi Kasek di SMP 1 Gresik selama tiga tahun.

Setelah beberapa tahun di lapangan khususnya sekolah, mantan Ketua Pengprov IPSI dan PSTI Jatim ini kemudian berdinas di Dinas Pendidikan (Dibud) yang diawali dari Dekmenum hingga terakhir menjabat Kepala Dinas Pendidikan.

Pada tahun 2009 hingga 2015, Rasiyo menapaki birokrat menjabat Sekda Pemprov Jatim hingga pensiun 2015. "Ketika saya menjabat Sekda, juga sempat merangkap sebagai Komisaris Utama Bank UMKM," tambahnya.

Saat ini, selain mengurusi Yayasan Annur dan PMI Jatim, Rasiyo juga menjabat penasehat di bebagai yayasan seperti di Gerontologi Abiyoso, PGRI Jatim, dan Dekopimda Surabaya.

0Suami Dra Purmiasih, MM ini, dikarunia dua orang anak yakni Dr Indra Ranu K , ST, MSc yang sehari-hari sebagai dosen di ITS. Dan, dr Rosana Wijayanti yang saat ini mengikut suami di Jakarta karena sang suami seorang anggota TNI AL yang sedang menjalani Sesko.

"Total, kami dikarunia 4 orang cucu, 3 dari Indra dan satu dari Rosana," tutupnya. (*)

Terkini

Jangan Lewatkan