Ketua PMI Ikut Serta, Sembilan Anggota TNI Donor Konvalesen

JEMBER (PMIJawaTinur.com) - Upaya PMI Kabupaten Jember untuk mendorong TNI, Polri dan instansi pemerintah dan swasta untuk mendorong anggota dan karyawannya yang menjadi penyintas untuk donor plasma mulai membuahkan hasil. Jumat (9/7) kemarin, Batalyon Raider 509 Jember mengirimkan 9 anggotanya untuk donor plasma konvalesen di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember.

Sebelum itu, Ketua PMI Kabupaten Jember yang juga penyintas Covid-19 H EA Zaenal Marzuki SH MH lebih dahulu donor plasma Konvalesen. Ketua PMI Jember sempat terpapar Covid-19 dan sekarang sudah pulih. Ketua PMI Kabupaten Jember yang juga penyintas Covid-19 H EA Zaenal Marzuki SH MH ini para penyintas Covid-19 mengimbau para penyintas Covid-19 untuk donor plasma konvalesen.

Sebab, saat ini banyak pasien Covid-19 yang dalam kondisi sedang dan berat minta sumbangan plasma konvalesen. "Saya kebetulan penyintas Covid-19, setelah discreening ternyata saya boleh donor plasama. Makanya saya langsung donor plasma di UDD PMI Kabupaten Jember," kata Ketua PMI Kabupaten Jember yang juga penyintas Covid-19 H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Dia mengimbau kepada para penyintas Covid-19 untuk ikut donor plasma konvalesen. "Saya juga langsung donor karena pernah merasakan bagaimana saat terpapar Covid-19. Saya ingin para pasien Covid-19 segera sembuh, salah satunya melalui donor plasma seperti ini. Ini bagian dari ikhtiar kepada Allah SWT untuk segera sembuh," terangnya.

Zaenal Marzuki menjelaskan, sudah menerima laporan atas respon surat-surat yang dikirim ke PMI kabupaten Jember ke instansi negeri maupun swasta. "Alhamdulillah, kami ucapkan banyak terima kasih kepada Danyon 509 Raider Jember yang mengirimkan Sembilan anggotanya yang menjadi penyintas Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma," kata Zaenal Marzuki.

Dia menegaskan, donor plasma konvalesen aman bagi pendonor. "Donor plasma konvalesen ini aman bagi pendonor. Juga bagi para pasien Covid-19 yang ditransfusi plasma konvalesen," imbuhnya. Sebab, para calon pendonor akan discreening secara ketat oleh PMI Kabupaten Jember. Sesuai dengan aturan screening seperti donor darah biasa. Plasma konvalesen akan dites lebih dahulu sebelum ditranfusikan ke pasien Covid-19.

Tidak hanya dari Jember, UDD PMI Kabupaten Jember juga siap menerima pendonor darah dari kabupaten/kota lain seperti Bondowoso, Situbondo, banyuwangi, lumajang, probolinggo, pasuruan atau daerah yang lain. (*)

Terkini

Jangan Lewatkan