Di Lumajang, Dua Hari Mobil Gunner Menyisir Titik Rawan Penularan Covid-19

LUMAJANG (PMIJawaTimur.com) -Untuk membantu Pemerintah dalam megurangi tingginya masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Lumajang, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lumajang menerjunkan satu unit mobil gunner atau mobil tanki yang dilengkapi alat pengkabut untuk melakukan penyemprotan disinfektan di jalan-jalan Kecamatan dan juga jalan jalan protokol di Kabupaten Lumajang selama dua hari yaitu Senin - Selasa (02 - 03 Agustus 2021).

Dari pantauan di lapangan, satu unit mobil gunner dengan kapasitas 5000 liter dari PMI Provinsi Jawa Timur berkeliling sesuai rute yang telah ditentukan. 1 unit Ambulan PMI juga ikut membantu pengawalan kegiatan penyemprotan.

Wakil Sekretaris PMI Kabupaten Lumajang, Nurhadi Santoso, SP mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan bertujuan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lumajang.

Dengan pengawalan petugas Polres Lumajang, mobil Gunner dengan membawa 5.000 liter melakukan aksi penyemprotan di titik-titik yang dianggap rawan penularan Covid-19

"Daerah yang warganya banyak terpapar, itu yang kita prioritaskan. Makanya kita bekerjasama dengan Kepala desa, " Dalam 2 hari, pihaknya melakukan penyemprotan di 4 Kecamatan. Diantaranya Kecamatan Lumajang, Kecamatan Sukodono, Kecamatan Tekung dan Kecamatan Sumbersuko. Penyemprotan disinfektan dilakukan di Jalan - jalan Protokol dan jalan- jalan Kecamatan.

Kades Tukum, Kecamatan Tekung. Muhammad Yunus menyampaikan apresiasinya kepada petugas PMI. Apalagi warganya sangat senang daerahnya dilakukan penyemprotan. "saya sampaikan terima kasih kepada PMI Lumajang, karena Sudah membantu penyemprotan.

"Selain kegiatan penyemprotan, PMI Kabupaten Lumajang juga melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan yang meliputi pemasangan banner ajakan donor Plasma Konvalesen di tempat Isolasi COVID, penempelan poster 5M serta pembagian PHBS Kit dan pamflet dari rumah ke rumah."

"Terima kasih kepada PMI Provinsi yang sudah menerjunkan satu unit Ginner sehingga penyemprotan lebih bisa menjangkau disemua pusat keramaian dan jalan protokol. Juga relawan serta seluruh pihak yang membantu kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar, semoga semua upaya yang kita lakukan dapat membawa manfaat untuk masyarakat," Pungkasnya.

Wilayah yang menjadi rute penyemprotan pada hari pertama misalnya prioritas wilayah dengan kasus positif dan meninggal yang cukup tinggi. Diantaranya Ds. Kutorenon, Kec. Sukodono (Perumahan Biting), Jl. Soekarno Hatta,Jl. Suwandak, Sastrodikoro, Kept. Kyai Ilyas,PB Soedirman, Achmad Yani, Jl. Alun - Alun, Perumahan Tukum, Kec. Tekung, Sekitar RSUD Dr. Haryoto Lumajang, RSIL, RS. Bhayangkara, RS. Muhammadiyah. (*)


Terkini

Jangan Lewatkan