Patut Diapresiasi, Sembuh dari Covid-19, Anggota Polisi Lanjut Donor Plasma Konvalesen

JEMBER (PMIJawaTimur.com) - Eko Awim S anggota Polsek Sumbersari yang juga relawan kemanusiaan, salah satunya jadi relawan pemakaman jenazah Covid-19, langsung donor plasma konvalesen setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Pak Eko, sapaan karibnya ingin bisa membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 lainnya. Pasalnya, dia merasakan susahnya menjadi pasien Covid-19.

Terpanggil untuk membantu pasien Covid-19, Kamis (2/8) kemarin Pak Eko datang ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Jl. Srikoyo. Pak Eko ingin donor plasama konvalesen. Kedatangan Pak Eko langsung disambut petugas UDD PMI yang standby. Pak Eko langsung di-screening sebelum dilanjutkan dengan donor plasma konvalesen.

"Saya dan keluarga merasakan bagaimana beratnya terpapar Covid-19. Makanya setelah sembuh saya langsung ingin donor plasma konvalesen," kata Pak Eko. Pak Eko bersama istri dan ketiga anaknya sempat terpapar Covid-19. Dia menilai terapi plasma konvalesen efektif untuk mempercepat penyembuhan pasien Covdi-19 yang masuk kategori sedang dan berat. Bahkan, kini banyak pasien Covid-19 yang terapi plasama konvalesen.

Pak Eko-pun mengajak kepada pasien Covid-19 yang sudah sembuh untuk datang ke UDD PMI. "Moga-moga plasma saya membantu pasien Covid-19 yang masih berjuang untuk sembuh. Saya himbau penyintas Covid-19 lainnya juga bersedia untuk donor plasma konvalesen," terang pria kelahian 1974 tersebut.

Semangat Pak Eko untuk berbagi dengan sesama, khususnya pasien Covid-19, dapat apresiasi tinggi dari ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. "Terima kasih sekali kepada Pak Eko, semoga amal jenengan dapat ganjaran dari Allah SWT," kata H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Dia menjelaskan, selama ini Pak Eko juga aktif bersama relawan PMI. Salah satunya menjadi relawan dalam pemakaman jenazah Covid-19. "Pak Eko juga pernah membantu APD kepada petugas di lapangan. Kami sangat terbantu dengan bantuan Pak Eko," terangnya. Pak Eko membantu 2.000 faceshield kepada petugas kesehatan di lapangan.

Zaenal Marzuki menambahkan, bahwa permintaan plasma konvalesen ke UDD PMI hampir tiap hari ada. "Permintaan plasma konvalesen dari pasien Covid-19 hampir tiap hari masuk ke UDD. Alhamdulillah sekarang permintaan terlayani tidak seperti beberapa waktu lalu harus antre cukup lama," kata Zaenal Marzuki. Bahkan, masih ada stok plasma konvalesen untuk semua golongan darah di ruang penyimpan UDD PMI Kabupaten Jember.

Berdasarkan catatan UDD PMI Kabupaten Jember hingga 1 September 2021 diketahui total permintaan plasma konvalesen untuk golongan darah A yang terlayani sebanyak 194, golongan darah B sebanyak 279, golongan darah O sebanyak 315 dan golongan darah AB sebanyak 56. Total permintaan plasma konvalesen yang terlayani 844. Hingga saat ini jumlah pasien Covid-19 yang masih mendapatkan perawatan di rumah sakit masih cukup banyak sehingga masih ada tiap hari korban yang meninggal dunia dan sampai hari ini status Covid-19 Kabupaten Jember masih pada level 3. (guf)

Terkini

Jangan Lewatkan