Menjelang HUT PMI ke-76, PMI Kabupaten Magetan Dialog bersama RRI Madiun

MAGETAN (PMIJawaTimur.com) - PMI Kabupaten Magetan melakukan dialog bersama RRI Madiun dengan tema " Bergerak Bersama, Untuk Sesama".

Dialog tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait PMI sekaligus memperingati HUT ke 76 PMI dengan narasumber Ketua PMI Kabupaten Magetan Dr. Drs. H. Bambang Trianto MM dan Pengurus PMI Kota Madiun Drs. H. Joko Purwito. Dialog dilaksanakan secara Virtual melalui zoom meeting mulai jam 08.00- 09.00 WIB.

Dalam Dialog bersama RRI Madiun Ketua PMI Kabupaten Magetan Dr. Drs. H. Bambang Trianto MM menyampaikan kiprah PMI Kabupaten Magetan di masa Pandemi utamanya di Bulan September yang merupakan Hari Ulang Tahun PMI ke 76 yaitu sejak Bulan Maret 2020 PMI Kabupaten Magetan terus bergerak demi kemanusiaan mulai awal adanya Pandemi.

Awal mula kita mengadakan penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan sejak 16 Maret 2020 karena di Magetan ada yang terpapar Covid 19.

Pertama di Magetan di Kecamatan Ngariboyo dari Cluster Bogor. PMI Kabupaten Magetan tampil langsung, alhamdulilah sudah punya APD (Alat Pelindung Diri) pada saat itu.

PMI Kabupaten Magetan sudah all out, penyemprotan dilakukan mulai dari Kantor Pemerintah, Instansi-instansi, rumah penduduk, Pondok Pesantren dll. Semua terus bergerak sampai saat ini.

Kasus konfirmasi pertama di Jawa Timur yaitu di Kecamatan Ngariboyo Magetan yang tampil pertama kali yaitu PMI, jelasnya.
Perbedaan mencolok kegiatan PMI saat Pandemi dan sebelum pandemi yaitu penyemprotan disinfektan yang dilakukan sejak awal kasus Covid 19 di Magetan tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan hari ini masih terus dilakukan.

Selain itu kegiatan yang dilakukan PMI adalah memberikan sembako bagi yang membutuhkan, Posko 24 jam, Pelayanan Ambulance PMI Kabupaten Magetan.

Tidak berhenti disitu, upaya PMI di masa pandemi juga memastikan persediaan darah di PMI Kabupaten Magetan aman. PMI Kabupaten Magetan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Magetan untuk melakukan donor darah bagi tiap-tiap UPD (Unit Perangkat Daerah) di UDD PMI Kabupaten Magetan.
"Kami bersurat kepada Pak Bupati, tiap-tiap UPD (Unit Perangkat Daerah) wajib melaksanakan donor darah di PMI. Mulai Agustus kemarin sampai saat ini masih berjalan. Setiap hari 3 sampai 4 UPD (Unit Perangkat Daerah), untuk waktunya dibagi jam 08.00-09.00, 09.00-10.00 dan seterusnya. Upaya kami supaya tidak terjadi kerumunan", terang beliau.

Selain kegiatan donor darah di dalam gedung PMI Kabupaten Magetan juga melaksanakan kegiatan Mobile Unit donor darah. Kegiatan Mobile Unit tersebut dilaksanakan di instansi-instansi seperti Kejaksaan, Kepolisian, TNI masyarakat maupun Pondok Pesantren semua bahu membahu demi tercukupinya persediaan darah di PMI Kabupaten Magetan.

Pelaksanaan donor selama Pandemi PMI Kabupaten Magetan mengantongi izin dari Satgas Covid 19 demi kelancaran kegiatan mobile unit donor darah.
"Kami terus berupaya untuk ketuk pintu para pendonor yang sudah waktunya kami hubungi, instansi yang rutin donor juga kami hubungi.

Karena dulu 3 bulan baru boleh donor kalau sekarang 2 bulan sudah boleh donor.

Kami melakukan mobile unit donor darah dengan mengantongi izin dari Satgas Covid 19 demi kelancaran petugas saat melakukan kegiatan mobile unit donor darah."tambahnya.

Kendala yang dihadapi PMI Kabupaten Magetan saat melakukan kegiatan di Masa Pandemi yaitu harus extra hati-hati, memperhatikan protokol kesehatan, menggunakan masker dan sarung tangan.

Sebelum pandemi lebih leluasa saat melaksanakan tugas, setelah pandemi harus membatasi misalnya saat berdonor harus membatasi antrian agar tidak berkerumun.
Ketua PMI Kabupaten Magetan Dr. Drs. H. Bambang Trianto juga berpesan teman-teman di Garda Terdepan ini baik petugas donor maupun penyemprotan disinfektan harus hati-hati, jaga kesehatan, jaga diri, jaga jarak. Jangan sampai kita menyelamatkan orang lain diri kita yang menjadi korban. Selalu saya pesankan itu karena mereka tidak mengenal waktu apalagi relawan.

"Mari kita laksanakan berbagi bersama, donor darah untuk kegiatan kemanusiaan dan juga mari kita bersama sama memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Kita tidak bisa sendiri, kita harus bersama, bersama untuk membantu bangsa, bersama demi Kemanusiaan", tutupnya.
(Nastiti)


Terkini

Jangan Lewatkan