PMI Kabupaten Banyuwangi Kembali Bantu Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

LUMAJANG (PMIJawaTimur.com) - Bantuan akan diserahkan kepada PMI Kabupaten Lumajang terlebih dahulu untuk didistibusikan kepada para korban yang mampu bertahan paska bencana Erupsi Gunung Semeru Lumajang.

Bantuan tersebut terdiri dari 40 set Alat Dapur yang terdiri dari Wajan Steinless, Panci Susu, Spatula Set, Sendok makan, Teko dan Gelas. Penyerahan bantuan juga didampingi oleh 2 orang Pengurus, 5 orang Staf Markas dan 5 orang Relawan/SIBAT PMI Kabupaten. Banyuwangi.

Setelah tiba di lokasi penampungan di kantor PMI Lumajang, rombongan diterima secara langsung oleh Drs. Yasni Bachtiar, M.Pd. dan Ketua PMI Kab. Lumajang Budi Santoso, SH.M.Si. Ia pun mengucapkan rasa terima kasih kepada PMI Kabupaten Banyuwangi

`Semoga bantuan ini bisa meringankan penderitaan penyintas yang nantinya akan diberikan pada saat penyintas menempati HUNTARA yang sedang dipersiapkan`, ujarnya.

Apresiasi positif juga disampaikan atas dukungan dan mobilisasi Relawan PMI Kabupaten Banyuwangi ke Lumajang selama membantu masa transisi pemulihan paska tanggap darurat mulai tanggal 7 - 13 Januari 2022 di Posko Penanggal Candipuro Lumajang.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kabupaten Banyuwangi, Drs. Sutiyono juga menambahkan bahwa 7 orang Staf dan Relawan yang dikirim ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru Lumajang telah memiliki kompetensi sebagai Perawat, Crew Ambulance dan PP, Distribusi Air, Logistik, DU dan Pertukangan (HUNTARA).

`Kami berharap dengan keahlian dan kompetensi yang dimiliki para relawan tersebut dapat membantu masa transisi pemulihan paska tanggap darurat Bencana Erupsi Gunung Semeru Lumajang`, pungkasnya.

Saat ini pemerintah terus mempercepat Pembangunan hunian sementara atau Huntara bagi penyintas bencana awan panas guguran Gunung Semeru, Jawa Timur. Kebijakan itu ditempuh agar masyarakat yang sudah sebulan ini tinggal di pengungsian segera bisa menempati tempat tinggal yang lebih layak dan nyaman bersama keluarga.

Percepatan pembangunan huntara dimulai sejak proses penentuan lahan relokasi permukiman warga. Setelah melalui kajian mendalam dari berbagai sisi, terutama ancaman bencana erupsi Gunung Semeru, lahan relokasi diputuskan berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, dan Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo.

Terkini

Jangan Lewatkan