Donor Darah Sekaligus Hijaukan Kembali Lahan Kritis

JEMBER (PMIJawaTimur.com) - PMI Kabupaten Jember bersama Majelis Daerah KAHMI Jember, Forhati Jember berkolaborasi mengadakan kegiatan bhakti sosial Selasa, 27 September 2022. Memperingati Milad KAHMI ke-56 dan Hari Jadi PMI ke-77 diadakan donor darah sukarela dan penghijauan lahan kritis di Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul.

Donor darah diadakan atas kerjasama Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember dengan PTPN XII Kebun Zeelandia Kecamatan Tanggul Jember. Puluhan karyawan dan sejumlah anggota KAHMI ikut donor darah di aula PTPN XII Kebun Zeelandia. Hasilnya, UDD PMI Kabupaten Jember berhasil menghimpun 24 kantong darah untuk disumbangkan sesama.

Sedangkan penghijauan dilakukan dibeberapa titik lahan kritis di Desa Kramat Sukoharjo. Sekitar 3.000 bibit tanaman diserahkan MD KAHMI Jember yang difasilitasi PTPN XII Kebun Zeelandia kepada perangkat Desa Kramat Sukoharjo. Secara bersamaan, pengurus MD KAHMI Jember, Manajer Kebun Zelandia Marahalim Harahap dan perangkat Desa Kramat Sukoharjo Pak Yoni menanam sejumlah bibit buah dan buah kayu keras.

Kegiatan donor darah dilakukan mulai pukul 09.00 sampai 12.00. Sedangkan sebelum penanaman bibit buah dan kayu keras dilakukan tasyakuran dengan potong tumpeng yang dilakukan oleh Koordiantor Presidium MD KAHMI Jember Narto STP MM, Koordinator Presdium Forhati Jember Nilam dan Kabid Penaggulangan Bencana PMI Jember Mamang Praditina yang mewakili ketua PMI Dr M Thamrin. Hadir pula Presidium Majelis Wilayah KAHMI Jawa Timur Dr H Edi Purwanto STP MM.

`Kami memang sengaja mengajak kolaborasi antara MD KAHMI, Forhati Jember dan PMI Kabupaten Jember yang perayaan ulang tahunnya bareng pada 17 September. Semoga acara ini bermanfaat bagi masyarakat,` kata Narto STP MM Kopres MD KAHMI Jember.

Dia menjelaskan, kegitan donor darah yang telah rutin di adakan di Kebun Zeelandia banyak membantu stok darah di UDD PMI. Sedangkan ribuan bibit buah dan kayu keras bisa menghijaukan kembali lahan kritis di Desa Kramat Sukoharjo,` terangnya.

Manajer PTPN XII Kebun Zeelandia, Marahalim Harahap menyatakan puluhan karyawannya banyak yang aktif menjadi relawan pendonor. `Tiga bulan sekali mereka ikut donor darah. Hari ini ada 50 yang daftar tetapi yang lolos 24 saja, yang tidak tidak lolos karena terlalu rendah atau tinggi tensinya dan HB-nya tidak standar,` ujarnya.

Mamang Pratidina, menambahkan PMI Jember siap berkolaborasi dengan PTPN XII, KAHMI atau pihak lain untuk kegiatan donor darah. `PMI Kabuoaten Jember juga siap untuk kerjasama untuk bidfang kemanusiaan lainnya. Salah satu upaya preventif penanggulangan bencana alam,` kata Mamang Pratidina.

Presidium MW KAHMI Jatim Dr H Edi Purwanto STP MM mengapresiasi kegiatan donor darah dan penghijauan yang dilakukan MD KAHMI Jember yang kolaborasi dengan Kebun Zeelandia dan PMI. `Tentu kami apresiasi MD KAHMI Jember ini, aktif berbuat untuk masyarakat, seperti donor darah dan penghijauan,` ujarnya. (*)

Terkini

Jangan Lewatkan